Tercatat, 78 Gempa Guncang Sulut dalam Seminggu

Suara.com – Tercatatkan terjadi 78 gempa bumi mengguncang Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya salam seminggu, periode 2 hingga 8 Juni 2023.

Menurut Stasiun Geofisika Manado, sebanyak tiga dari 78 kejadian gempa bumi tersebut dilaporkan dirasakan oleh masyarakat.

“Dari 78 kejadian gempa tersebut, sebagian besar atau sekitar 66 persen bermagnitudo antara tiga hingga lima, sekitar 33 persen magnitudo kurang dari tiga, serta satu persen memiliki magnitudo lebih dari lima,” jelas kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Muhammad Zulkifli.

Dia menambahkan, dari kedalaman gempa, sebanyak 46 persen di antaranya gempa bumi berkedalaman dangkal (kurang dari 60 kilometer), sebanyak 51 persen berkedalaman menengah (antara 60-300 kilometer), serta tiga persen adalah gempa dalam (lebih dari 300 kilometer).

“Dari peta seismisitas atau peta episenter, sebagian besar gempa bumi dengan kedalaman dangkal terjadi pada lempeng laut Maluku yaitu di perairan antara Sulawesi Utara dan Maluku Utara,” ungkapnya dilansir dari laman Antara, Minggu (11/6/2023).

Zulkifli menuturkan, gempa bumi yang dilaporkan dirasakan oleh masyarakat sebanyak dua kejadian yaitu di Kabupaten Toli-toli, Provinsi Sulawesi Tengah dan satu kejadian di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Ilustrasi Gempa Megathrust (unsplash)

“Bila dibandingkan dengan pekan sebelumnya, catatan gempa pekan tersebut lebih banyak, sementara periode 26 Mei – 01 Juni 2023 terekam sebanyak 45 kejadian gempa,” katanya.

Dia menambahkan, sebagian besar gempa yang tercatat pada periode tersebut atau 84,38 persen bermagnitudo antara tiga sampai lima, sebanyak 15,62 persen memiliki magnitudo kurang dari tiga.

“Satu dari kejadian gempa yang terjadi di pekan tersebut dilaporkan dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Zulkifli.

Sumber: Suara.com

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)