Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 28/HM/KOMINFO/03/2023

Siaran Pers No. 28/HM/KOMINFO/03/2023

Rabu, 1 Maret 202

tentang

Kembangkan Ekonomi Digital, Indonesia Butuh Talenta Digital Berkualitas 

Ekonomi digital Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Laporan We Are Social menunjukkan dari 77% populasi Indonesia menjadi pengguna internet aktif atau  mencapai 212,9 juta orang pada Januari 2023. Pada tahun 2022, Google Temasek dan Bain & Co. melaporkan kontribusi sektor e-commerce Indonesia sebesar USD59 Miliar atau setara  76% terhadap nilai ekonomi digital Indonesia. Bahkan diproyeksikan mencapai USD 130 Miliar di tahun 2025. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A. Pangerapan menyatakan guna mewujudkan potensi ekonomi digital, diperlukan talenta digital yang memadai dari aspek jumlah dan kompetensi.

“Termasuk web developer dan web designer yang berkualitas untuk merancang website informatif, intuitif, dan user-friendly sebagai penghubung antara pengguna dan pemberi jasa layanan digital,” ujarnya dalam  acara Indonesia Website Awards dan Web Developer Talk 2023 secara virtual, dari Jakarta Pusat, Rabu (01/03/2023).

Berkaitan dengan pengembangan ekonomi digital, Dirjen Semuel mengharapkan ajang penghargaan dan forum itu dapat meningkatkan kesadaran akan arti penting web developer dan web designer berkualitas, 

“Khususnya untuk menyajikan dan mempromosikan sektor UKM Indonesia. Dan mampu mampu meningkatkan pemahaman masyarakat terkait perkembangan website terkin, tren website, hingga strategi pengembangan website demi memaksimalkan engagement layanannya,” ungkapnya.

Kementerian Kominfo mengapresiasi acara Indonesia Website Awards dan Web Developer Talk 2023 yang memberikan kontribusi dalam melakukan percepatan transformasi digital nasional. 

“Mewakili Menkominfo Johnny G. Plate, saya ingin menyampaikan permohonan maaf karena beliau tidak dapat hadir pada kesempatan kali ini. Namun, semangat beliau dalam mendukung perkembangan transformasi digital nasional akan terus bersama kita,” tutur Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

Dirjen Semuel memberikan ucapan selamat kepada para pemenang pada Ajang Indonesia Website Awards 2023 untuk tiga kategori, yaitu UKM, Personal-Komersial, dan E-commerce.  

“Selamat untuk penerima penghargaan, teruslah berinovasi dalam membantu pengembangan ekosistem digital nasional dan menjadi inspirasi bagi lainnya. Semoga Tuhan YME senantiasa menyertai langkah kita bersama dalam memajukan Indonesia. Indonesia Terkoneksi, Makin Digital, Makin Maju,” ungkapnya.

Indonesia Website Awards merupakan ajang penghargaan bagi pengelola website dan web developer. Salah satu rangkaian acara dalam penghargaan itu Web Developer Talk yang menjadi wahana diskusi untuk mendapatkan insight terkini mengenai tren dan strategi pengembangan website.

Hadir dalam acara Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Herliani Tanoesoedibjo; Country Manager Exabytes, Indra Hartawan; Founder & CEO Sliva Technology Indonesia, Evans Moris Cheahn; Country Manager Exabytes Indonesia, Alfian Tinangon; Azure GTM Lead Microsoft Indonesia, Fiki Setiyono; UI/UX Designer Smartfren Indonesia, Caesario Iga Alkowi; Backend Developer IBM Indonesia, Ryan Kristo Muljono; serta Group CTO Venteny Indonesia, Widianty.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)