Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 107/HM/KOMINFO/06/2023

Siaran Pers No. 107/HM/KOMINFO/06/2023

Jumat, 16 Juni 2022

tentang 

Kominfo Perkuat Sinergi untuk Pastikan Pemanfaatan SATRIA-1

Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk melakukan percepatan transformasi digital di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengoptimalkan satelit itu untuk mendukung pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan dan keamanan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan pemerataan akses internet menjadi perhatian pemerintah. Agar seluruh rakyat Indonesia mendapatkan akses internet secara merata, Kementerian Kominfo juga menjalin sinergi dengan berbagai pihak.

“Dengan peluncuran satelit bisa mengurangi kesenjangan digital dari sisi infrastruktur, karena tujuan peluncuran SATRIA untuk pemerataan infrastruktur digital. No one left behind, jangan sampai ada orang Indonesia yang tidak punya akses ke internet,” tegasnya di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Jumat (16/06/2023) waktu setempat.

Untuk mewujudkan pemerataan akses dan pemanfataan dengan optimal, Dirjen Usman Kansong menjelaskan Kementerian Kominfo akan bersinergi dengan Kementerian Kesehatam, Kementerian Pendidikan, Kementerian Dalam Negeri, TNI dan Polri serta pemerintah daerah.

“SATRIA-1 akan memiliki manfaat besar, dimanfaatkan untuk kepentingan publik atau layanan publik. Kita akan sinergi dengan kementerian dan lembaga lain. Di Puskesmas dengan Kementerian Kesehatan, sekolah dengan Kemdikbud, termasuk dengan Mabes TNI dan Polri serta pemerintah daerah,” tuturnya.

Oleh karena itu, Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Indonesia atas peluncuran SATRIA-1.

“Tiga hari lagi menuju peluncuran SATRIA-1, kita mengharapkan dukungan dan doa seluruh masyarakat Indonesia yang nanti bisa menyaksikan peluncuran lewat Youtube Kominfo. Termasuk teman-teman media untuk bisa memberitakan kepada masyarakat. Semoga tidak terjadi hambatan yang berarti sehingga peluncuran SATRIA-1 bisa berlangsung sukses,” ungkapnya.

Peluncuran SATRIA-1 akan berlangsung dari dari Cape Canaveral Space Force Station, Orlando, Florida Amerika Serikat pada hari Minggu (18/06/2023) pukul 18:00 waktu setempat atau Senin (19/06/2023) pukul 05:00 WIB. Peluncuran SATRIA-1 dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfoTV.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)