Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 89/HM/KOMINFO/06/2023

Siaran Pers No. 89/HM/KOMINFO/06/2023

Kamis, 1 Juni 2023

tentang

Peringatan Hari Lahir Pancasila Jadi Momentum Perkuat Indonesia Sentris

Pemerintah Indonesia terus berupaya mewujudkan pembangunan di seluruh Indonesia dengan prinsip keadilan dan pemerataan. Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo menegaskan kembali komitmen tersebut dalam peringatan ke-78 Hari Lahir Pancasila.

“Saat ini pemerintah dan seluruh komponen bangsa terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan Indonesia Sentris yang adil dan merata. Bekerja keras membangun daerah pinggiran, wilayah perbatasan, dan pedesaan,” tandasnya saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (01/06/2023).

Menurut Staf Ahli Menteri Widodo Muktiyo, keadilan dan pemerataan pembangunan berbasis Indonesia Sentris merupakan perjuangan dari generasi ke generasi dengan kesinambungan dan keberlanjutan.

“Personil dalam pemerintahan bisa berganti tetapi perjuangan ini tidak boleh berhenti, keadilan dan pemerataan harus dipadukan dengan kesejahteraan. Itulah yang ingin diwujudkan melalui reformasi struktural, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan hilirisasi industri,” jelasnya.

Oleh karena itu, Pemerintah menekankan arti penting program dan kebijakan strategis yang bermanfaat maksimal bagi kesejahteraan masyarakat. Pada saat bersamaan, Pemerintah berupaya memanfaatkan kekayaaan dalam negeri dengan mengolah dulu di dalam negeri agar dapat membuka lapangan kerja dan memberikan nilai tambah bagi negara.

“Lewat pembangunan Ibukota Nusantara, pemerintah menginginkan pemerataan dan kemajuan. Kita ingin masyarakat luar Jawa juga menikmati manfaat signifikan dari pembangunan. Sekali lagi, perjuangan ini belum selesai dan harus dilanjutkan oleh para pemimpin pemerintahan ke depan,” ungkap SAM Bidang Komunikasi dan Media Massa.

Menurut SAM Widodo Muktiyo, di tengah krisis yang melanda dunia termasuk krisis kesehatan, pangan, energi dan keuangan. Indonesia termasuk satu dari sangat sedikit negara yang berhasil menangani berbagai krisis tersebut.

“Kondisi ekonomi, sosial dan politik juga stabil, terjaga dan bahkan semakin kokoh. inflasi terkendali, investasi tumbuh, dan peluang kerja bertambah. Semua itu adalah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa dan hasil sumbangsih seluruh anak bangsa, karena berkat persatuan dan kesatuan kita bangsa ini tangguh hadapi tantangan dan mampu melakukan terobosan,” jelasnya.

Melalui momentum Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Pemerintah terus mengingatkan pentingnya kerja keras dan gotong-royong karena bangsa ini berhasil semakin dipercaya dan disegani masyarakat dunia.

“Fondasi dari semua itu adalah ideologi Pancasila yang diwariskan oleh founding father kita Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Ideologi ini yang menjadi jangkar dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang harus terus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa,” tegas Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)