Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

Siaran Pers No. 388/HM/KOMINFO/06/2024

Rabu, 5 Juni 2024

tentang

Menkominfo: PLN Hub Topang Infrastruktur PDN di IKN

Pemerintah telah merancang pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menteri Komunikasi dan Informatka Budi Arie Setiadi menilai keberadaan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Hub akan menyediakan infrastruktur kelistrikan yang penting untuk operasional PDN guna mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

“Keberadaan PLN Hub ini bisa sangat membantu pengoperasian pusat data nasional di IKN,” jelasnya kepada pekerja media sebelum Groundbreaking PLN Hub di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (05/06/2024).

Menteri Budi Arie menyatakan PLN Hub akan mengintegrasikan seluruh ekosistem kelistrikan IKN yang menopang infrastruktur telekomunikasi dan digital.

“Jadi hari ini akan diresmikan PLN Hub dimana PLN Hub ini kan seluruh ekosistem kelistrikan di Nusantara, termasuk juga bagaimana infrastruktur telekomunikasi dan infrastruktur digital ini diwujudkan,” tuturnya.

Oleh karena itu, Menkominfo mengapresiasi upaya PLN dalam pembangunan infrastruktur PDN di IKN.

“Yang namanya data center itu perlu listrik, sehingga sangat baik sekali untuk mendukung infrastruktur Pusat Data Nasional di IKN,” tandasnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan ekosistem kelistrikan di IKN akan berbasis energi terbarukan dengan dukungan sistem yang cerdas. 

“Salah satu tugas kami adalah membangun ekosistem kelistrikan yang smart, green, tetapi juga beautiful. Jadi ini satu ekosistem renewable energy,” jelasnya.

Dirut PLN menegaskan kesiapan penyediaan infrastruktur listrik untuk PDN yang andal dan ramah lingkungan.

“PLN siap untuk memberi pasokan listrik yang sangat handal, tetapi juga ramah terhadap lingkungan,” tandasnya.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)