Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

Siaran Pers No. 381/HM/KOMINFO/06/2024

Sabtu, 1 Juni 2024

tentang

Hadapi Tantangan Digitalisasi, Kominfo Tekankan Pentingnya Penerapan Nilai Pancasila  

Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan dinamika digitalisasi menjadi tantangan tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mendorong pemanfaatan teknologi informasi secara bijak dengan memenuhi ruang digital dengan narasi positif dan nilai kebangsaan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya dan Manusia (BPSDM) Kementerian Kominfo Hary Budiarto menekankan arti penting penerapan nilai-nilai Pancasila oleh seluruh sivitas Kementerian Kominfo dalam menjalankan tugas menjaga dan mengembangkan digitalisasi.

“Kami harap seluruh SDM yang ada di Kementerian Kominfo bisa menjiwai nilai-nilai luhur Pancasila. Nilai-nilai luhur itu mengandung inklusivitas, toleransi, menjadi ideologi kita dalam bergaul, dan juga mendukung sikap kita untuk hidup secara bergotong royong,” ungkapnya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Depan Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Sabtu (01/06/2024).

Sejalan dengan tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, Kepala BPSDM Hary Budiarto mengajak sivitas Kementerian Kominfo menjadi pemersatu bangsa  dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tandasnya. 

Kepala BPSDM Kementerian Kominfo menilai generasi muda, khususnya milenial dan Gen-Z memiliki peran penting dalam menyambut Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo berupaya menyiapkan talenta muda yang kompeten di bidang digital dan mendorong perubahan bangsa ke arah lebih baik. 

“Saat ini bangsa Indonesia memiliki peluang bonus demografi, yang pada 2045 akan dipenuhi oleh milenial dan Gen-Z. Maka kita sebagai kementerian yang mengampu di bidang digital, harus menyiapkan mereka menjadi talenta yang mampu memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan perubahan dan mensejahterakan bangsa dan negara Indonesia,” jelasnya.

Berkaitan dengan upaya untuk menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat, Kepala BPSDM Hary Budiarto mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dengan senantiasa mengamalkan nilai Pancasila.

“Kita harus bekerja sama, berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tegasnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila diikuti oleh jajaran Pejabat Tinggi Pratama dan Madya serta perwakilan satuan kerja di lingkungan Kementerian Kominfo.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)