Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 78/HM/KOMINFO/05/2023

Siaran Pers No. 78/HM/KOMINFO/05/2023

Rabu, 10 Mei 2023

Tentang

Jadi Bahasan KTT ke-42 ASEAN, Menteri Johnny: Kita Siapkan Regulasi Digitalisasi yang Memadai 

Dalam Keketuaan ASEAN 2023, Indonesia mengusung tiga pilar yaitu ASEAN Matters; Epicentrum of Growth; dan Implementasi ASEAN Outlook on The Indo-Pasific. 

Menteri Komunikasi dan informatika Johnny G. Plate menyatakan isu digitalisasi ekonomi dan pariwisata menjadi bahasan dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN karena Indonesia telah memiliki regulasi digitalisasi ekonomi. 

“Kita telah menyiapkan regulasi yang memadai. Saat ini kan kita sudah punya Undang-Undang PDP (Pelindungan Data Pribadi). Yang perlu kita tindaklanjuti adalah aturan turunan sehingga ada hal-hal yang lebih teknis bisa diatur dengan baik,” jelasnya usai Pertemuan Bilateral dengan Menteri Digital Vietnam Nguyen Manh Hung di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/05/2023). 

Selain UU PDP yang disahkan pada 20 September 2022 lalu, Pemerintah dan DPR RI tengah melakukan revisi terbatas terhadap Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Revisi itu, menurut Menkominfo ditujukan untuk memberikan keadilan dalam ruang digital.

“Saya tentu berharap dalam revisi terbatas undang-undang ITE itu betul-betul dikedepankan restorative justice untuk masyarakat. Namun, untuk tindakan-tindakan yang luar biasa seperti TPPO (tindak pidana perdagangan orang), janganlah pakai restorative justice karena itu sangat merugikan masyarakat,” jelasnya. 

Menurut Menteri Johnny, aspek restorative justice memang dibutuhkan untuk mempertegas hal dan tujuan pengaturan ruang digital. Namun di sisi lain, pemerintah juga menambahkan isu perlindungan terhadap anak di ruang digital yang selama ini belum diatur diatur dengan jelas.

“Walaupun di UU PDP sudah ada tetapi belum meng-cover secara menyeluruh. Saya berharap bahwa revisi terbatas Undang-Undang ITE disamping kedepankan restorative justice, juga menyangkut perlindungan hak-hak anak dalam ruang digital,” ungkapnya. 

Dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Digital Vietnam Nguyen Manh Hung, Menkominfo mendiskusikan rencana kerja sama Indonesia dan Vietnam di sektor digitalisasi. Menteri Johnny dan Menteri Nguyen Manh Hung sepakat akan menyusun MoU untuk menindaklanjuti rencana kerja sama tersebut.  

Selama pertemuan berlangsung, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)