Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

Siaran Pers No. 330/HM/KOMINFO/05/2024

Di tengah banyak tantangan digital seperti misinformasi dan disinformasi, Bangsa Indonesia berhasil menjalani Pemilihan Umum Serentak 2024 dengan lancar dan persatuan yang tetap terjaga.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan kolaborasi semua pihak dalam menjaga ruang digital telah menjadi penentu Pemilu berlangsung secara damai.

Award ini adalah hasil kolaborasi semua pihak dalam menjaga ruang digital kita. Luar biasa sekali Pemilu Tahun 2024. Alhamdulillah, kita menyaksikan Pemilu kali ini, Pilpres dan Pileg berlangsung dengan baik,” jelasnya saat mewakili Menkominfo Budi Arie Setiadi memberikan sambutan usai menerima penghargaan “Special Award: Outstanding Leadership Preserving Indonesia’s Digital on Election” dalam CNN Indonesia Award 2024 di Kuta, Badung, Bali, Senin (13/05/2024).

Menurut Wamen Nezar Patria, saat ini Indonesia makin terkoneksi dan memungkinkan akses internet dari berbagai tempat. Bahkan, terjadi peningkatan produksi dan akses data dan informasi melalui internet.

Internet never sleep maka data never sleep. Beberapa lembaga mencatat bagaimana data diproduksi di platform digital. Sebut Facebook dalam satu menit ada 1,7 juta posting. Google 6,5 juta search. Hampir 70 ribu orang mengunggah foto di Instagram setiap menit. YouTube ada 500 jam video tiap 60 detik,”  jelasnya.

Kementerian Kominfo berupaya menjalankan tugas untuk menjaga ruang digital agar lebih sehat dan damai buat semua warga Indonesia. Namun, menurut Wamenkominfo hal itu tidak mudah untuk dilaksanakan.

“Menjaga ruang digital tugas yang tidak mudah, terutama di Kementerian Kominfo karena harus balance dalam menjaga kepentingan nasional, dan balance juga dalam memberikan ruang kebebasan sipil dan ruang kebebasan bicara,” tandasnya.

Oleh karena itu, Wamen Nezar Patria menyatakan Kementerian Kominfo berupaya melibatkan semua pihak dalam menjaga ruang digital nasional.

“Ini tidak gampang dan kami mencoba sebaik-baiknya dengan kolaborasi dengan berbagai pihak,” tuturnya.

Wamenkominfo mengapresiasi CNN Indonesia yang berpartisipasi dalam jaringan antimisinformasi dan disinformasi bersama sejumlah media dan platform digital.

“Dengan kedewasaan pengalaman dua kali Pemilu dan literasi digital yang dilakua cukup intens oleh Kementerian Kominfo, semua berdampak baik dalam penyelenggaraan Pemilu 2024,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wamen Nezar Patria mengucapkan terima kasih kepada CNN Indonesia sekaligus menyampaikan mohon maaf atas nama Menkominfo Budi Arie yang tidak bisa hadir secara langsung.

“Penghargaan ini adalah salah satu penghargaan yang sangat diapresiasi tinggi oleh Pak Menteri. Beliau menyampaikan salam kepada kita semua dan permohonan maaf tidak bisa hadir karena ada satu tugas yang lain,” jelasnya.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id  

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)