Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 58/HM/KOMINFO/04/2023

Siaran Pers No. 58/HM/KOMINFO/04/2023

Senin, 17 April 2023

tentang

Dukung Pavilun Indonesia Hannover Messe 2023, Kominfo Lakukan Sosialisasi dan Fasilitasi Startup

 

Presiden Joko Widodo meyakini percepatan transformasi industri Indonesia akan berkontribusi bagi bangkitnya ekonomi kawasan dan global. Oleh karena itu, Presiden pun mengundang investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia melalui Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2023.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2023 untuk menarik investasi masuk ke Indonesia. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan dukungan itu berupa sosialiasi dan fasilitasi bagi pelaku startup digital nasional.

“Kominfo terus mensosialisasikan kegiatan Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023 kepada masyarakat agar mereka mengetahui manfaat yang didapatkan atas penyelenggaraan pameran ini,” ungkapnya usai Pembukaan Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2023 oleh Presiden Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, 

Menurut Dirjen IKP Kementerian Kominfo, penyelenggaraan pameran ditargetkan dapat mengundang kehadiran investor Eropa di Indonesia. Dan pada gilirannya akan dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan serta  mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat, ada manfaat konkret yang akan diterima oleh masyarakat karena nanti yang menikmati lapangan pekerjaan adalah masyarakat,” ujarnya

Selain menarik investasi, Hannover Messe 2023 juga menjadi ajang pelaku startup untuk memamerkan produk dan inovasi. Dirjen Usman Kansong menjelaskan Kementerian Kominfo memfasilitasi beberapa perusahaan startup Indonesia untuk mengikuti Hannover Messe 2023.

“Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melakukan pendampingan terhadap startup yang ikut serta membuka booth atau berpameran di Hannover Messe,” tuturnya.

Dirjen IKP Kementerian Kominfo berharap perusahaan startup juga dapat menarik minat investor asing untuk berinvestasi. Menurutnya, potensi ekonomi digital Indonesia akan menjadi salah satu magnet penarik investor menanamkan modal di Indonesia.

Pembukaan paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2023 dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Hannover Messe 2023 berlangsung di Hannover Fairground, Hannover, Jerman mulai dari tanggal 17 s.d. 21 April 2023. Pameran industri terbesar di Eropa ini menghadirkan berbagai teknologi dan inovasi di bidang industri dari seluruh dunia.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)