Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 455/HM/KOMINFO/11/2023

Siaran Pers No. 455/HM/KOMINFO/11/2023

Kamis, 9 November 2023

tentang

Menteri Budi Arie: Makin Digital, Praktisi PR Perlu Makin Adaptif

Perkembangan teknologi digital menjadikan peran insan kehumasan atau public relations dan corporate secretary makin krusial bagi perusahaan.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi seiring dengan peningkatan peran, praktisi humas dan corporate secretary perlu lebih adaptif.

“Keduanya adalah fungsi krusial yang harus dibarengi kemampuan responsif, serta adaptif terhadap perkembangan zaman,” jelasnya dalam Indonesian Top Public Relation Leader Awards di Jakarta Pusat, Kamis (09/11/2023).

Lebih dari itu, Menkominfo mendorong praktisi di kedua bidang itu bersikap agile atau memiliki kemampuan merespon tren yang berkembang, serta adaptif dengan menyesuaikan pendekatannya sesuai dengan keadaan atau audiens yang ada.

“Agile dan adaptif adalah dua kata kunci bagi praktisi kehumasan di era digital ini,” tandasnya.

Seiiring dengan tren digitalisai global, Menteri Budi Arie menyatakan praktisi kedua bidang itu perlu siap menghadapi disrupsi dan tantangan. Menurutnya, kedua profesi itu memiliki fungsi penting bagi lembaga atau perusahaan.

“Kehumasan memiliki peran penting untuk menjaga reputasi perusahaan, yang erat kaitannya dengan kepercayaan dan kesadaran masyarakat terhadap perusahaan. Sedangkan corporate secretary, bertanggung jawab terhadap good corporate governance serta relasi perusahaan dengan beragam stakeholders,” tuturnya.

Di tengah pergeseran pola komunikasi dari tradisional yang berorientasi pada stakeholders, menjadi pola komunikasi modern berorientasi pada komunitas, Menkominfo mendorong praktisi humas dan corporate secretary merespons dengan bijak.

“Tentunya secara praktik dapat dilakukan dengan antara lain, tetap terinformasi dengan tren dan perkembangan industri, proaktif dalam mengidentifikasi dan menangani potensi masalah, serta selalu bersiap menyesuaikan rencana sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Acara itu juga diisi dengan narasumber Juru Bicara Menteri Kelautan dan Perikanan RI Wahyu Muryadi, Staf Khusus dan Juru Bicara Kementerian Investasi RI Tina Talisa, dan Pelaksana Tugas (Plt) Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Wandy Tuturoong.

Hadir pula CEO Warta Ekonomi Muhammad Ichsan, Founder & CEO LSPR Institute of Communication & Business Prita Kemal Gani, dan Founder & CEO Communications and Social Impact Advisor – VMCS Advisory Indonesia Elvera N. Makki.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id  

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)