Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 334/HM/KOMINFO/09/2023

Siaran Pers No. 334/HM/KOMINFO/09/2023

Selasa, 26 September 2023

tentang

Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Kominfo Ambil Langkah Afirmatif 

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital sebagai panduan beragam inisiatif transformasi digital Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan dokumen tersebut juga akan dilengkapi dokumen yang tengah yaitu Visi Indonesia Digital (VID) 2045. Guna mewujudkan visi, itu, Kementerian Kominfo menerapkan langkah afirmatif.

“Dengan VID 2045, Kementerian Kominfo bersama stakeholders terkait, termasuk APJII, telah melakukan beragam kebijakan afirmatif untuk mengatasi tantangan transformasi digital di Indenesia,” tuturnya dalam Rapat Kerja Nasional APJII – Menuju Indonesia Digital 2045:  Sinergi Internet Tangguh dan Informasi Berdaulat di Surakarta, Selasa (26/09/2023).

Kebijakan afirmatif yang kini telah diambil antara lain antaranya percepatan infrastruktur di seluruh wilayah di Indonesia, penguatan literasi digital seluruh masyarakat Indonesia, dan peningkatan kolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait.  

“Kami juga menyiapkan Indeks Transformasi Digital Nasional (TDN) yang merupakan indeks untuk mengukur progres transformasi digital suatu wilayah,” jelas Menteri Budi Arie.  

Menkominfo mengaku saat ini di Indonesia masih banyak isu yang berkaitan dengan pelindungan data dan keamanan siber. Belum lagi, kemunculan disinformasi dan persebaran konten internet yang melanggar peraturan perundang-undangan.

“Bersamaan dengan itu, kami meyakini bahwa agenda percepatan transformasi digital perlu didukung oleh ekosistem digital yang ideal. Oleh karenanya, kami juga secara konsisten melaksanakan pemutusan akses dan takedown konten bermuatan negatif,” tegasnya.

Saat ini pengguna internet secara global mencapai angka 5,16 miliar, atau setara dengan 64,4% dari total populasi global. Bank Dunia bahkan memperkirakan penggunaan internet yang mendorong perekonomian digital akan berkontribusi terhadap lebih dari 15%  PDB (produk domestik bruto) global. Di ASEAN, nilai potensi bisnis digital tahun 2030 diperkirakan mencapai USD600 Miliar hingga USD1 Triliun.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id
 

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)