Site icon MataPena

Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 304/HM/KOMINFO/09/2023

Siaran Pers No. 304/HM/KOMINFO/09/2023

Jumat, 15 September 2023

tentang

Kominfo Siapkan Anak Muda Jadi Penggerak Transfomasi Digital

Saat ini, negara-negara di dunia berlomba-lomba menjadi pemimpin dalam transformasi digital. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan Indonesia telah menyiapkan mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 yang menggambarkan masa depan makmur, inklusif, dan berdaya saing tinggi dengan digitalisasi.  

“Saya yakin, Indonesia juga dapat menjadi negara yang maju dalam transformasi digital. Oleh karena itu, saya mengajak adik-adik mahasiswa untuk mengambil peran dalam digitalisasi,” ujarnya dalam Pembukaan Kuliah Umum “Pembangunan Bangsa Berbasis Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045” di Universitas Janabadra, Yogyakarta, Jumat (15/09/2023).

Menurut The organization for Economic Co-operation and Development (OECD), Korea Selatan menjadi negara dengan penerapan transformasi digital terbaik dunia saat ini.  

“Hal ini tidak terlepas dari adopsi teknologi digital yang tinggi, dan berbagai upaya edukasi di bidang teknologi bagi generasi muda,” tutur Wamen Nezar Patria.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo berkomitmen untuk menyiapkan sembilan juta sumberdaya manusia digital melalui program pengembangan SDM digital dalam tiga tingkatan. 

“Kita sebut Piramida Prioritas, di tingkat awal, piramida paling bawah, kami menyiapkan pemahaman masyarakat Indonesia tingkat dasar agar dapat menggunakan internet secara lebih produktif melalui program literasi digital,” tandas Wamenkominfo.

Menurut Wamen Nezar Patria, dalam tingkat menengah, melalui Program Digital Talent Scholarship (DTS), Kementerian Kominfo mengembangkan kemampuan teknis dalam memanfaatkan berbagai teknologi seperti big data, cloud computing, dan AI. 

“Terdapat pula talent pool yakni diploy.id, dimana para peserta DTS dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia,” tuturnya. 

Di tingkat lanjutan, Kementerian Kominfo mengadakan program untuk para pengambil kebijakan dan pimpinan baik dari sektor swasta maupun publik melalui Digital Leadership Academy (DLA). 

“Dengan inovasi, kreativitas, dan tekad, generasi muda dapat merintis jalan menuju kemajuan teknologi bangsa ini,” ujar Wamenkominfo.  

Sebagai pengguna internet terbesar di Indonesia, Kementerian Kominfo menyiapkan pemuda agar memiliki literasi dan kecakapan digital yang tepat untuk memanfaatkan transformasi digital menuju Indonesia Emas 2045. 

“Seluruh elemen bangsa memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan bangsa ini, termasuk generasi muda, yang diyakini akan menjadi tulang punggung Indonesia Emas 2045,” tandas Wamen Nezar Patria. 

Pada tahun 2021, populasi anak muda mencapai 23,90% dari total populasi atau sebesar 64,92 juta jiwa. Guna menyiapkan anak muda sebagai tulang punggung transformasi digital, Wamenkominfo mengajak seluruh civitas akademika Universitas Janabadra untuk berpartisipasi dalam program-program pengembangan SDM digital.

“Melalui digitalent.kominfo.go.id yang bisa diikuti secara gratis. Mari kita bersama-sama membangun Indonesia melalui teknologi digital untuk Indonesia Emas 2045,” ajaknya.*

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)
Exit mobile version