Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 234/HM/KOMINFO/08/2023

Siaran Pers No. 234/HM/KOMINFO/08/2023

Kamis, 24 Agustus 2023

tentang 

Keketuaan Indonesia 2023 Jadikan ASEAN Pusat Pertumbuhan dan Inovasi Digital

Sektor digital memiliki peran penting mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dan inovasi. Transformasi digital yang berlangsung dalam beberapa tahun terakhir, telah membentuk kembali industri, ekonomi, dan masyarakat. 

Pemerintah Republik Indonesia mengajak negara ASEAN mengembangkan ekosistem digital untuk kepentingan semua negara anggota ASEAN agar menjadi contoh di tingkat global.

“Sebagai Ketua ASEAN pada tahun 2023, kami bangga dan berkomitmen terhadap ASEAN Digital, yang menjadi bukti dari pola pikir yang berpikiran maju, ketangguhan, dan tekad yang tak tergoyahkan dalam gelombang perubahan,” ucap Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba dalam ASEAN Digital Senior Official Meeting (ADGSOM) dan Pertemuan ke-19 ASEAN Telecommunication Regulators’ Council (ATRC) dengan Jepang di Badung, Bali, Rabu (23/08/2023). 

Sebagai Ketua ATRC ke-19, Mira Tayyiba menyatakan kawasan ASEAN kini menjadi sebuah ekosistem inovasi. Penerapan kota pintar hingga teknologi pertanian mutakhir untuk memberdayakan petani menjadi bukti nyata sektor digital menggerakan pertumbuhan kawasan. 

“Dengan memelihara lingkungan yang kondusif bagi perusahaan rintisan, berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, serta memperkuat infrastruktur digital, adoposi sektor digital membuka jalan pertumbuhan berkelanjutan yang tidak meninggalkan siapa pun,” jelasnya. 

Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan Keketuaan Indonesia dalam ASEAN juga mendorong ASEAN sebagai pusat pertumbuhan, dan bertanggung jawab untuk memimpin dengan memberi contoh di panggung global. 

“Kami membayangkan ASEAN yang diberdayakan secara digital yang tidak hanya memanfaatkan teknologi, tetapi juga membentuk jalurnya, menjunjung tinggi pertimbangan etika dan melindungi dari potensi tantangan,” tegasnya. 

Oleh karena itu,Indonesia mengingatkan kembali komitmen negara ASEAN dalam menjaga keamanan data, privasi, dan literasi digital dengan berbagi praktik terbaik serta meningkatkan kemitraan pemerintah, sektor swasta, dan organisasi internasional.  

“Sektor digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang manusia, kemajuan, dan berbagai kemungkinan. Dengan persatuan, inovasi, dan kolaborasi, kami akan terus mengubah tantangan menjadi peluang dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi seluruh warga ASEAN,” tuturnya.

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)