Siaran Pers: Kementerian Komunikasi dan Informatika

Siaran Pers No. 41/HM/KOMINFO/03/2023

Senin, 20 Maret 2023

tentang

Dukung Pencapaian SPBE, Kominfo Terima Digital Government Award 2023

Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima Digital Government Award untuk kategori Pencapaian Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Penghargaan itu diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kepada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan. 

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menyatakan Indeks SPBE Indonesia di tahun 2021 berada pada ranking 77 dari 193 negara. Angka itu naik 11 peringkat dari posisi 88 pada tahun 2020. 

“Dengan adanya penilaian ini, mendorong dan memberikan inspirasi bagi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk tetap dapat memajukan SPBE-nya. Jadi terima kasih kepada Kementerian PAN RB sudah menginisiasi kegiatan ini,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo,” usai menghadiri acara SPBE Summit 2023 di Jakarta Pusat, Senin (20/03/2023). 

Dirjen Semuel juga mengapresiasi penyelenggaraan Digital Government Award 2023 sebagai bagian dari upaya meningkatkan layanan publik dan administrasi pemerintahan melalui sistem elektronik. 

“Ini merupakan sinergi yang dipimpin oleh Kementerian PAN RB sebagai Ketua Tim Koordinasi SPBE Indonesia. Jadi, Digital Government Award adalah perjuangan para pejuang pemerintahan dalam transformasi digital,” jelasnya.

Ajang yang telah berlangsung setiap dua tahun sekali ini akan dilaksanakan setiap tahun. Hal itu menurut Dirjen Aptika Kementerian Kominfo akan sangat bagus untuk mengapresiasi kinerja kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dalam penerapan SPBE.

“Hari ini Kemenpan RB mengumumkan indeks SPBE yang sudah diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Ke depan, akan digelar setiap tahunnya. Cukup banyak kategori yang akan disampaikan. Ada Award Kategori Penerapan Layanan SPBE, Kategori Pencapaian Indeks SPBE, Kategori Peningkatan Layanan SPBE, Kategori Pencapaian Indeks SPBE, Kategori Penguatan Kebijakan SPBE, Kategori Penguatan Manajemen SPBE,” ungkapnya.

Layanan Terpadu Nasional

Sementara itu, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aptika Kementerian Kominfo menjelaskan dukungan penguatan SPBE dapat disaksikan dalam booth untuk menampilkan capaian program transformasi digital di sektor pemerintahan.

“Booth kami berisikan informasi mengenai Panduan Pemanfaatan Infrastruktur dan Aplikasi Berbagi Pakai SPBE. Hal ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI Joko Widodo dalam sidang kabinet paripurna pada tanggal 2 Maret 2023, sebagai upaya untuk mendorong komitmen pimpinan instansi pusat dan pemerintah daerah,” tuturnya.

Dalam SPBE Summit 2023, Kementerian Kominfo juga mempromosikan layanan terpadu nasional bernama Indonesia Satu.

“Indonesia Satu, merupakan layanan super apps pemerintah agar masyarakat tidak perlu lagi download banyak aplikasi. Dari download banyak menjadi sekali download saja, dari harus login ke banyak aplikasi menjadi cukup sekali login saja. Kemudian, data-data kita juga sudah ada di dalamnya, jadi tidak perlu isi form berkali-kali,” jelas Direktur Bambang Dwi Anggono.

Direktur LAIP Ditjen Aptika Kementerian Kominfo menegaskan upaya itu sebagai bentuk dukungan agar kementerian, lembaga dan pemerintah daerah tidak perlu lagi membuat banyak aplikasi terpisah.

“Kami mendorong kementerian, lembaga dan pemerintah daerah menuju pada aplikasi umum, agar kita bisa mewujudkan Satu Data Indonesia, menghasilkan referensi data Indonesia supaya menjadi satu single source of truth,” tandasnya.

Berikut daftar 38 kementerian dan lembaga, serta pemerintah daerah yang menerima Digital Government Award dalam enam kategori:

A. Kategori Penerapan Layanan SPBE

1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

2. Kementerian Hukum dan HAM

3. Komisi Pemberantasan Korupsi

4. Pemprov Jawa Barat

5. Pemprov Jawa Timur

6. Pemprov DKI Jakarta

7. Pemkab Banyuwangi

8. Pemkab Kebumen

9. Pemkab Pesisir Selatan

10. Pemkot Surabaya

 

B. Kategori Pencapaian Indeks SPBE

1. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi

2. Kementerian Komunikasi dan Informatika

3. Kementerian PPN/Bappenas

4. Badan Pusat Statistik

5. Pemprov Bali

6. Pemkab Sumedang

7. Pemkab Bantul

8. Pemkot Surakarta

 

C. Kategori Peningkatan Layanan SPBE

1. Kementerian Badan Usaha Milik Negara

2. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

3. Komisi Aparatur Sipil Negara

4. Pemkab Kutai Timur

5. Pemkot Jambi

 

D. Kategori Pencapaian Indeks SPBE

1. Kementerian Keuangan

2. Badan Standardisasi Nasional

3. Badan Riset dan Inovasi Nasional

4. Pemkab Kulon Progo

 

E. Kategori Penguatan Kebijakan SPBE

1. Kementerian Dalam Negeri

2. Lembaga Administrasi Negara

3. Pemprov Lampung

4. Pemprov Bengkulu

5. Pemkab Garut

6. Pemkot Denpasar

7. Pemkot Semarang

8. Pemkot Banda Aceh

9. Pemkot Depok

 

F. Kategori Penguatan Manajemen SPBE

1. Kementerian Pertanian

2. Pemkab Polewali Mandar

 

Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Sumber: Kementerian Kominfo RI

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)