Selain Beli Pelat Dinas Palsu, David Koboi Penganiaya Sopir Taksi Online Juga Beli Airsoft Gun Rp3,5 Juta

Suara.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut David Yulianto (32), koboi jalanan pelaku penganiayaan terhadap sopir taksi online di Jakarta Barat membeli senjata airsoft gun seharga Rp3,5 juta.

Ia membeli senjata mainan itu dari seseorang berinisial E.

Pelaku koboi jalanan diketahui merupakan pria berusia 32 atas nama David Yulianto warga Duren Seribu, Depok, Jabar. David berhasil ditangkap di Tangerang pada Jumat (5/5/2023). [Suara.com/M Yasir]

“Yang bersangkutan (David) menyampaikan sekira bulan empat atau lima tahun 2022 membeli beserta card dengan harga Rp3,5 juta,” kata Trunoyudo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Pelat dinas Polri 10011-VII palsu yang dipakai pada kendaraan sedan Mazda milik David juga diperoleh dari E. Namun pelat tersebut tidak dibelinya melainkan dibuatkan.

“Tidak dijualbelikan tetapi dibuatkan kemudian diberikan dan digunakan pelaku,” jelasnya.

Berdasar hasil penyelidikan awal, David diketahui merupakan karyawan swasta yang bertempat tinggal di Duren Seribu, Depok, Jawa Barat.

Ia ditangkap tim gabungan Polres Metro Jakarta Barat, Ditreskrimsus dan Ditreskrimsus di Apartmen M Town, Serpong, Kabupaten Tangerang sore tadi.

“Dalam keterangannya yang bersangkutan adalah karyawan swasta,” beber Trunoyudo.

Kekinian, kata Trunoyudo, penyidik telah menetapkan David sebagai tersangka. Ia dijerat dengan Pasal 352 Juncto Pasal 335 KUHP dan atau Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951.

“Selamana-lamanya 20 tahun penjara,” imbuhnya.

Pelat Palsu

Aksi koboi jalanan di Jakarta Barat, pelaku pakai mobil dengan plat dinas Polri. [Tangkapan layar]
Aksi koboi jalanan di Jakarta Barat, pelaku pakai mobil dengan plat dinas Polri. [Tangkapan layar]

Video terkait peristiwa ini sempat diunggah oleh akun Instagram milik Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Dalam video tersebut pelaku nampak menggunakan mobil sedan Mazda dengan pelat nomor dinas Polri Polda Metro Jaya 10011-VII.

Pelaku diduga melakukan perbuatan tersebut karena tak terima laju kendaraannya dipotong oleh mobil korban. Pria tersebut lantas turun dari mobilnya, memaki, memukul, sambil menenteng pistol.

“Udah motong gue gob*** an**** lu enggak ada sori-sorinya,” kata pelaku dikutip dari video tersebut, Jumat (5/5/2023).

Merespons kejadianya tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto langsug memerintahkan jajarannya untuk mencari dan menangkap pelaku.

Sumber: Suara.com

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)