Puasa Anggaran Empat Tahun, Dinas Bina Marga DKI Akhirnya Mulai Kerjakan Lagi Perbaikan Jalan Permanen

Suara.com – Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengungkapkan, pihaknya akan mulai mengerjakan lagi perbaikan jalan secara permanen di Jakarta tahun ini. Pihaknya saat ini sudah mendapat anggaran Rp300 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2023.

Hari mengatakan, pihaknya sudah empat tahun belakangan tak mendapatkan anggaran untuk perbaikan jalan secara permanen.

Selama itu, perbaikan jalan hanya dilakukan dengan melakukan tambal sulam pada titik yang rusak.

Sementara dengan memperbaiki secara permanen akan mengaspal secara keseluruhan jalan yang berlubang atau rusak.

“Jalan berlubang ini, sudah hampir 4 tahun tidak kita perbaiki secara permanen. Sekarang baru dapat anggaran untuk perbaikan permanen. Mudah-mudahan, tahun depan tidak ada lagi ribuan titik bolong,” ujar Hari saat dikonfirmasi, Rabu (15/3/2023).

Namun, ia tak merinci lokasi ruas jalan yang akan diperbaiki secara permanen. Kendati demikian, pihaknya fokus pada perbaikan jalan protokol lantaran demi menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN September mendatang.

“Titiknya itu mulai dari sepanjang Sudirman-Thamrin, kawasan Medan merdeka, segmen MT Haryono-Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, daerah Halim Perdanakusuma, itu akan kita perbaiki sekaligus untuk persiapan KTT ASEAN. Pekerjaan sekitar dua sampai tiga bulan,” ucapnya.

Karena dikerjakan secara permanen, maka perbaikan jalan menggunakan metode hotmix yang pengaspalannya membutuhkan pemanasan.

“Kalau permanen pakai hotmix, aspal panas setebal 11 sentimeter dengan perbaikan beton daerah-daerah yang terendam banjir,” katanya.

Sumber: Suara.com

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)