Mengintip Garasi Isi Kendaraan Bupati Meranti yang Kena OTT KPK, Ternyata Kolektor Motor

Bupati Meranti, Muhammad Adil terjaring OTT KPK pada Kamis, 6 April 2023 malam. Publik penasaran dengan sosok Bupati kontroversial itu, termasuk koleksi kendaraannya.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya menyebutkan bahwa penangkapan atau OTT KPK terhadap Bupati Meranti memang benar dilakukan.

Sebelumnya, Bupati Meranti tersebut sempat menjadi sorotan masyarakat setelah melontarkan pernyataan yang kontroversial yakni menyebut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai iblis dan setan.

Hal tersebut ia ungkapkan karena rasa kecewanya dengan Kementerian Keuangan terkait dengan Dana Bagi Hasil (DBH) yang ia anggap tidak adil.

Lantas, seperti apakah isi garasi dari Bupati Meranti yang terkena OTT KPK tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Berdasarkan data yang disebutkan oleh Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, total harta kekayaan Bupati Meranti tersebut mencapai Rp. 4.736.577.310 atau Rp 4,7 miliar.

Harta kekayaan Adil tersebut terdiri dari tanah dan juga bangunan, alat transportasi dan mesin, sertas kas dan setara kas.

Dalam LHKPN tersebut, disebutkan bahwa sumbangan harta paling besar yakni di aset tanah dan bangunan. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa Adil memiliki sebanyak 73 tanah dan bangunan yang jika ditotalkan mencapai Rp 4.317.400.000.

Lalu, harta kekayaan terbesar kedua yakni kas dan setara kas yang totalnya mencapai Rp 244.177.310.

Dan terakhir yakni alat transportasi dan mesin, dimana Adil melaporkan bahwa ia mempunyai lima jenis kendaraan yang terdiri dari empat unit  mptor dan juga satu unit mobil dengan rincian sebagai berikut:

1. Sepeda Motor Honda tahun 2014 yang memiliki harga Rp 8.000.000

2. Sepeda Motor Honda tahun 2015 yang memiliki harga Rp 9.000.000

3. Sepeda Motor Honda tahun 2018 yang memiliki harga Rp 12.000.000

4. Sepeda Motor Kawasaki tahun 2017 yang memiliki harga Rp 25.000.000

5. Mobil Honda Brio tahun 2015 yang memiliki harga Rp 120.000.000.

Disebutkan bahwa dari keseluruhan mobil dan motor milik Adil tersebut, empat diantaranya adalah hasil sendiri. Sementara, untuk alat transportasi dan mesin nomor empat yakni motor Kawasaki tertulis dengan status yang lain.

Sebagai informasi, pada Kamis, 6 April 2023 KPK menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. KPK sendiri mengamankan Bupati Meranti, M Adil serta puluhan pejabat setempat yang merupakan kepala dinas, serta pihak swasta.

Meski demikian, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri enggan untuk menjelaskan lebih lanjut terkait dengan duduk perkara setelah terjaringnya Bupati Meranti dalam giat OTT KPK tersebut.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Sumber: Suara.com

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)