Jakarta Fair Digelar Lagi Mulai 14 Juni Sampai 16 Juli, Targetkan Pendapatan Lebih dari Rp 7,5 T

Suara.com – Jakarta International Expo (JIEXPO) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran 2023. Ajang pameran dan hiburan se-Asia Tenggara ini bakal berlangsung selama 33 hari mulai tanggal 14 Juni hingga 16 Juli 2023.

Marketing Director Jakarta International Expo, Ralph Scheunemann mengatakan, Jakarta Fair, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Jakarta, akan digelar dengan nuansa baru dengan konten acara yang lebih menarik dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

“Jakarta Fair Kemayoran adalah arena festival dan pameran perdagangan terbesar yang merupakan etalase ajang promosi berbagai produk unggulan. Ajang ini secara khusus digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta yang menginjak usianya yang ke-496 pada tahun ini,” ujar Ralph dalam konferensi pers di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2023 mengangkat tema ‘Bersatulah Indonesia Mendukung Perdagangan Dalam Negeri dan Ekspor ke Pasar Dunia’ dan dengan sub tema ‘Warga Bangsa Indonesia meningkatkan kreatifitas produk-produk Indonesia dan berjuang terus sampai sukses-Indonesia Jaya, Rakyatnya Sejahtera.’

“Tema ini diambil mengingat perekonomian Indonesia yang mulai nampak bangkit serta pemerataan di semua sektor industri yang membuat ekonomi dalam Negeri kembali
bergeliat,” tutur Ralph.

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stan. Mereka juga akan menjual produk denhan diskon khas Jakarta Fair.

Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

“Dengan komposisi presentase peserta yakni 60 persen dari sektor swasta dan 40 persen dari sektor UMKM,” ucapnya.

Pada penyelenggaraan tahun ini juga melibatkan para pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari berbagai Provinsi di Indonesia yang akan menempati Hall-B3 dan Hall-C3 dan juga tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

Para peserta Jakarta Fair Kemayoran 2023 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, teknologi informasi, komputer, alat olah raga, fashion and garment, peralatan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal and medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menempati satu area yang berlokasi di HallC1, memamerkan berbagai program pemerintah provisi, membuka berbagai layanan publik.

“Dan juga panggung kesenian tradisional masyarakat Jakarta. Panitia Jakarta Fair juga mendedikasikan area khusus untuk Kampung Betawi sebagai ajang pertunjukan berbagai seni-budaya lokal dan juga pameran berbagai kerajinan khas Betawi,” jelasnya.

Beberapa titik area kuliner dapat ditemui di Food Court Hall E, area Pasar Malam terletak di dekat pintu masuk I yang mengusung konsep pasar malam modern dengan berisikan beraneka macam sajian kuliner lokal dan mancanegara.

Selain itu, ada juga area kuliner yang menjajakan berbagai macam hidangan khas nusantara di Area Belakang Hall D dan juga sajian kuliner khas Betawi serta berbagai stan produk makanan yang tersebar di area open space Jakarta Fair Kemayoran.

Pihak panitia penyelenggera akan menyajikan berbagai acara seperti parade karnaval, wahana permainan anak, dan kontes Miss Jakarta Fair.

“Serta tidak ketinggalan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini,” katanya.

Sumber: Suara.com

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)