Doa Mandi Hari Raya Idul Fitri, Seperti Apa Tata Caranya?

Suara.com – Menyambut datangnya hari kemenangan, umat muslim dianjurkan untuk mandi Hari Raya Idul Fitri untuk mensucikan diri. Lantas, seperti apa doa mandi Hari Raya Idul Fitri dan bagaimana tata caranya?

Mandi Hari Raya Idul Fitri adalah satu amalan sunnah yang perlu dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan dan menyucikan badan dari kotoran maupun najis yang menempel di anggota badan.

Doa mandi Hari Raya Idul Fitri bisa dilakukan dengan melafalkan niat mandi. Sesuai  kesepakatan para ulama, amalan yang satu ini termasuk amalan berhukum sunnah pada hari raya.

Dalil Mengenai Mandi Hari Raya Idul Fitri

Baca Juga:
3 Doa Agar Banjir Cepat Surut Menurut Hadist dan Ayat Al Quran

Disunnahkan untuk mandi sebelum berangkat ke tempat sholat Idul Fitri atau Idul Adha, dasarnya adalah atsar yang dilakukan Abdullah bin Umar, bahwa Abdullah Ibnu Umar ibnu Khattab RA mandi pada Hari Raya Idul Fitri sebelum berangkat sholat.

Dasar ini memang tidak langsung dari Rasulullah SAW, namun dari praktik sahabat Nabi Muhammad SAW. Namun Imam An Nawawi mengomentari bahwa atsar di atas adalah atsar yang sahih, sebagaimana tercantum di dalam Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab.

Sedangkan hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mandi pada dua hari raya, oleh sebagian ulama dikatakan sebagai hadits yang lemah. Dari Ibnu Abbas RA berkata bahwa Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha, (HR Ibnu Hibban).

Doa Mandi Hari Raya Idul Fitri

Bacaan latin: “Nawaitul ghusla liyaumi ‘iiidil fithri sunnatan lillaati ta’aala”.

Baca Juga:
Disnak Kaltim Yakin Kebutuhan Pangan Asal Ternak Bakal Cukup Sampai Hari Raya Idul Fitri

Artinya: “Saya mandi dengan sengaja pada hari Raya Idul Fitri sunnah karena Allah Ta’ala”.

Sesudah membaca doa mandi Hari Raya Idul Fitri di atas, dianjurkan pula untuk berwudhu dahulu ebelum memulai mandi. Kemudian, baru dilanjutkan dengan tata cara mandi seperti biasa dengan menggosok seluruh badan, mendahulukan yang kanan dari yang kiri, dan dilakukan berurutan.

Di samping mandi dengan membaca doa mandi Hari Raya Idul Fitri yang tepat, Rasulullah SAW juga mengenakan pakaian terbaik pada saat Idul Fitri. Hal tersebut diceritakan oleh Ibn Al-Qayyim yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW terbiasa mengenakan pakaian khusus untuk dua hari raya dan hari Jumat.

Demikian penjelasan tentang doa mandi Hari Raya Idul Fitri serta tata caranya.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Sumber: Suara.com

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)