Doa Makan Sahur Lengkap dengan Artinya Sesuai Ajaran Rasulullah

Suara.com – Hukum sahur saat berpuasa adalah sunnah. Berikut doa makan sahur lengkap dengan artinya, sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW yang dirangkum dari NU Online.

Makan sahur sejatinya tak harus mengkonsumsi makanan berat seperti nasi karena minum seteguk air saja sudah dianggap cukup. Namun, jika bisa makan hingga kenyang maka akan lebih baik.

Anjuran makan sahur ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,’” (HR Ahmad). 

Doa Makan Sahur Lengkap dengan Artinya

Dalam hadis Nabi yang diriwayatkan ath-Thabrani, yang dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib menjelaskan: 

“Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.’ Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,’”

Berikut ini doa makan sahur yang sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW:

“Yarhamullâhul mutasahhirîn.”

Artinya: “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.” 

Amalan Sunnah Bulan Ramadhan

Sementara itu, selain sahur dan berdoa ada beberapa amalan sunnah lainnya yang bisa dilakukan di Bulan Ramadhan Apa saja?

1. Tak Menunda Buka Puasa

Dari Sahl bin Saad, Nabi SAW bersabda: “Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Memberi Makan untuk Buka Puasa

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Siapa yang memberi makan (saat berbuka) untuk orang yang berpuasa, maka dia mendapat pahala seperti orang yang diberi makan tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya.” (HR At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaemah).

3. Membaca Al Quran

Malaikat Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW tiap malam di bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al Quran. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Perbanyak Sedekah

Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan dan kedermawanannya bertambah saat bulan Ramadhan. Anjuran bersedekah in sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192)

Demikian penjelasan doa makan sahur lengkap dengan artinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Rima Suliastini

Sumber: Suara.com

Sending
User Review
0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)