Bupati Bolmut Disuntik Vaksin Covid-19

  • Share

BOLTIM, MATAPENA.NET Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Depri Pontoh, akhirnya berhasil disuntik vaksin Covid-19, setelah sebelumnya gagal menerima suntikan vaksin pada tahap I yang digelar Februari lalu.

Depri Pontoh menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 setelah lolos skrining (pemeriksaan kesehatan) pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua. Dia menjalani vaksinasi di Puskesmas Boroko, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolmut, Rabu 10 Maret 2021.

Bupati Depri Pontoh mengatakan, vaksin Covid-19 yang disuntikkan sudah mendapatkan fatwa dari MUI Nomor 2 tahun 2021 tanggal 11 januari 2021, yang menyatakan bahwa vaksin Covid-19 produksi Sinovac hukumnya suci dan halal. Serta telah mendapat izin dari BPOM setelah melewati beberapa uji klinis.

Depri Pontoh yang juga ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bolmut menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 buatan Sinovac ini terjamin keamanan dan kehalalannya untuk digunakan oleh masyarakat. “Jadi masyarakat tak perlu ragu dengan Vaksin Covid-19 ini,” ucap Depri.

Dalam pemberian vaksin Covid-19 ini tentunya didasarkan pada kriteria-kriteria yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan melalui tahapan skrining.

“Dan untuk saya pribadi sangat disayangkan harus berbesar hati karena termasuk dalam kriteria tidak bisa diberikan vaksin Covid-19 sebab pernah terkonfirmasi positif Covid-19” kata Bupati.

Depri menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 ini bukanlah obat, melainkan upaya untuk memutus rantai penyebaran dan penguatan seluruh masyarakat dengan memperkuat ketahanan tubuh untuk melawan virus.

“Sehingga jangan dipahami bahwa, setelah mendapat vasin dapat melakukan apa saja. Tetap disiplin menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” jelasnya.

Depri juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu pemerintah mensukseskan program vaksinasi Covid-19.

“Agar kita semua mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity) dan bangsa kita bisa segera pulih untuk membangun dan menciptakan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, pada vaksinasi Covid-19 tahap II bagi pelayan publik ini diikuti oleh ASN dilingkup Pemkab Bolmut. Dalam kesempatan tersebut, Sekda Bolmut, Asripan Nani juga berhasil disuntik vaksin Covid-19 untuk pertama kalinya. Sekda menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Boroko. (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *